Candi Bumi Ayu Kabupaten PALI

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Candi Bumi Ayu Kabupaten PALI

Wednesday, October 9, 2019



Candi Bumi Ayu adalah peninggalan bersejarah bangsa indonesia yang terletak di sumatera selatan Tepatnya candi bumi ayu terletak di desa tanah abang kecamatan tanah abang kabupaten pali.

Candi Bumi Ayu berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari ibukota kaabupaten penukal abab lematang ilir, dan berjarak 10 menit dari pusat kecamatan tanah abang

Candi bumi ayu merupakan satu satunya komplek percandian peninggalan agama hindu di sumatera selaatan, candi bumi ayu memiliki sekitar 9 buah baangunan candi, dan 4 diantaranya telah dipugar.

Usaha untuk melestarikan candi bumi ayu sudah berlangsung sejak tahun 1990 an dan terus dilakukan sampai sekarang.

Candi bumi ayu memiliki luas lahan komplek 75.56 ha

Sejarah Singkat
Candi-candi yang terdapat di Bumiayu termasuk kedalam death monument, artinya monumen yang telah ditinggalkan masyarakat pendukungnya. Salah satu penyebab Candi tersebut ditinggalkan bisa disebabkan karena terdesaknya kekuatan politik Hindu oleh Islam pada sekitar abad ke-16.
Setelah itu candi-candi rusak dan kemudian terkubur.

Candi bumi ayu ditemukan kembali  oleh E.P. Tombrink pada tahun 1864.
Peninggalan monumental itu beserta sistem budayanya benar-benar hilang pula dari ingatan kolektif pewarisnya. Hal itu tampak bahwa penduduk sekitar Bumiayu tidak banyak yang mengenal fungsinya  semula.

Namun ada Cerita penduduk  yang mengatakan bahwa candi di Bumiayu itu adalah bekas istana sebuah kerajaan yang disebut Gedebong Undang (dicatat oleh A.J. Knaap 1902 ). Diceritakan juga bahwa luas wilayah kerajaan tersebut sampai di Modong dan Babat. F.M. Schnitger melaporkan bahwa di kedua desa tersebut terdapat pula tinggalan agama Hindu (1934:4), namun kini telah hilang terkena erosi Sungai Lematang.


source:wikipedia